Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 07 Taliwang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : I / I
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
A. STANDAR
KOMPETENSI
1.
Memahami Identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga
B. KOMPETENSI
DASAR
1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga
C. INDIKATOR
1.4.1
Menjelaskan mengenai hidup rukun antar anggota keluarga
1.4.2
Menjelaskan akibat tidak adanya kerukunan antar keluarga
1.4.3
Menjelaskan bagaimana hidup saling menghargai antar
sesama
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan menyimak siswa dapat mengetahui pengertian dari hidup rukun antar
anggota keluarga
2. Melalui
kegiatan menyimak siswa dapat mengetahui akibat tidak adanya kerukunan antar
keluarga
3. Melalui
kegiatan tanya jawab siswa dapat mengetahui bagaimana hidup saling menghargai
antar sesama
4. Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat mengetahui arti penting hidup rukun
E. MATERI
PELAJARAN
a.
Pengertian Hidup Rukun
Hidup
rukun artinya saling menghormati dan saling menyayangi antar sesama manusia.
b.
Manfaat hidup rukun, yaitu :
1.
Suasana menjadi damai
2.
Pekerjaan menjadi ringan dan cepat jika dikerjakan
bersama
3.
Dapat memperat persaudraan
4.
Memperkuat persatuan
c.
Kita harus rukun walaupun berbeda
1.
Kesukaan 3.
Agama
2.
Jenis kelamin 4.
Suku
d.
Contoh hidup rukun di rumah, seperti :
1.
Bermain dengan baik 4.
Makan bersama keluarga
2.
Belajar bersama dengan kakak 5. Meminjamkan adik mainan
3.
Membantu orang tua
e.
Contoh hidup rukun di sekolah, seperti :
1.
Bermain dengan teman 4. Belajar kelompok
2.
Piket bersama 5.
Tidak mengejek teman
3.
Berbagi makanan dengan teman
f.
Contoh hidup rukun di Masyarakat, seperti :
1.
Kerja bakti di kampung
2.
Membantu tetangga yang terkena musibah
3.
Menjenguk tetangga yang sakit
g.
Contoh hidup tidak rukun, seperti :
1.
Berkelahi
2.
Berebut mainan
3.
Berselisih paham
h.
Keluarga yang rukun akan bahagia
F. METODE
PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Diskusi
4. Pengamatan
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah
pembelajaran :
a. Kegiatan awal (10 menit)
·
Mengucapkan
salam dan berdo’a
·
Guru mengisi
daftar hadir kelas dan absensi siswa
·
Apersepsi (guru
bertanya kepada siswa siapa disini yang pernah belajar bersama dan suka berbagi
makanan kepada temannya, dan siapa disini yang suka berkelahi ? Jika di dalam
rumah kita rukun apakah suasana yang kalian rasakan ?)
·
Guru
menjelaskan tujuan dan kompetensi pembelajaran
b.
Kegiatan Inti (50 menit)
·
Guru menjelaskan
pengertian hidup rukun
·
Guru menyebutkan manfaat dari hidup rukun
·
Guru
dan siswa bertanya jawab tentang contoh hidup rukun di rumah, di sekolah dan di
masyarakat
·
Guru
menunjuk satu orang siswa untuk mejelaskan hidup rukun dalam keluarga
·
Guru
memberikan sebuah pujian kepada siswa tersebut
·
Guru
menunjuk satu orang siswa lagi untuk menyebutkan contoh hidup tidak rukun yang
ada di sekitarnya
·
Guru
memberikan pujian atas keberanian dari siswa tersebut
·
Guru
menunjukkan gambar contoh hidup rukun di rumah, sekolah dan masyarakat
·
Guru
membagikan kelompok, 1 kelompok terdiri dari 2 orang dan membagikan LKS kepada siswa untuk
mengetahui pemahaman
·
Selama
siswa berdiskusi guru tetap membimbing siswa agar tidak ribut
·
Guru
bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui siswa dari LKS
·
Siswa
mengumpulkan LKS
·
Guru menunjuk satu satu anggota kelompok untuk
menjawab pertanyaan yang ada pada LKS
c.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Guru memanfaatkan waktu untuk mengajak siswa
bermain sambil belajar agar lebih menggali pengetahuan siswa menggunakan
talking stick
·
Siswa yang tidak bisa menjawab akan diberikan
punishment (hukuman) seperti bernyanyi
·
Guru menyimpulkan materi yang telah dibahas
·
Salam dan doa
H. ALAT
DAN BAHAN
·
LKS, gambar, buku Matematika
I. PENILAIAN
:
Tes : LKS
Non-Tes: Sikap, pengetahuan
Mengetahui Taliwang,
5 Desember 2018
Kepala Sekolah SDN Vilia Guru
Wali Kelas I
Sintayan Muhardini, M.Pd Rizka
Pebrianti, S.Pd
NIP…………… Nip……….
LAMPIRAN 1
LKS
BANGUN RUANG
Standar Kompetensi : 1. Memahami Identitas diri dan keluarga
serta sikap saling menghormati dalam
kemajemukan keluarga
Kompetensi Dasar : 1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga
Tujuan : Dapat mengetahui
contoh hidup rukun dan tidak rukun
I.
Alat/bahan/sumber
·
LKS, gambar, buku Ilmu Pengetahuan Sosial
kelas 1
II.
Tugas kelompok
III.
Langkah Kerja
1.
Amatilah gambar diatas !
2.
Berilah tanda centang pada gambar yang menunjukkan hidup rukun !
IV.
Kesimpulan
1.
Menurut kalian apakah hidup rukun diatas sesuai dengan
hidup rukun yang pernah kalian jumpai pada lingkungan sekitar kalian ?
LAMPIRAN 2
Ø
Kriteria
Penilaian ranah sikap (afektif)
|
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Tekun
Tanggung jawab
Berani
Keseriusan
Keaktifan
|
- sangat tekun
- tekun
- cukup tekun
- tidak tekun
- Sangat tanggung jawab
- tanggung jawab
- kurang tanggung jawab
- tidak tanggung jawab
- Sangat berani
- berani
- kurang berani
- tidak berani
- Sangat serius
- serius
- kurang serius
- tidak serius
- Sangat
Aktif
- Aktif
- Kurang
aktif
- Tidak
aktif
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Cara perolehan skor = Total perolehan
x 100
Ø
Rubrik Penilaian Kognitif (konsep)
|
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
|
1
|
2
|
||||
|
1
|
|||||
|
2
|
|||||
|
3
|
|||||
Keterangan:
· Aspek yang dinilai
1. Kejujuran
dalam mengerjakan tugas
2. Kerjasama
dalam dalam menyelesaikan tugas
·
Tafsiran
Skor
1) Jawaban salah
2) Jawaban kurang tepat
3) Jawaban benar
Ini KTSP atau kurikulum 2013🙏🏻🙏🏻
BalasHapusktsp, soalnya kelas 1 k13 hanya dimuat menjadi tema.
Hapus